You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Banyumas
Desa Banyumas

Kec. Candipuro, Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung

Selamat datang di Website resmi Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan

Briket Limbah Kelapa sebagai Energi Ramah Lingkungan

ARRIF PURNAMA 15 Januari 2023 Dibaca 65 Kali
Briket Limbah Kelapa sebagai Energi Ramah Lingkungan

Banyumas (15/01/2023) Briket limbah kelapa dapat dibuat dengan cara mengumpulkan limbah kelapa, seperti serabut dan cangkang, yang kemudian dicuci dan dikeringkan. Kemudian limbah kelapa tersebut dicacah menjadi serbuk kecil dengan menggunakan mesin pencacah atau diblender. Setelah itu, tambahkan bahan perekat seperti tepung jagung atau tepung kertas dan aduk rata. Kemudian, briket tersebut dibentuk dengan menggunakan cetakan dan dikeringkan selama beberapa hari sampai benar-benar kering.

Briket limbah kelapa merupakan alternatif energi ramah lingkungan karena dapat digunakan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi limbah yang ada di desa tersebut. Selain itu, briket limbah kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga dan industri skala kecil. KKN ITERA di desa Banyumas dapat bekerja sama dengan pemerintah setempat dan masyarakat desa untuk mengimplementasikan penggunaan briket limbah kelapa sebagai sumber energi ramah lingkungan.

Untuk melihat bagaimana tahap-tahap dan proses pembuatan silahkan mengakses link berikut https://youtu.be/2-s59S54Nzc

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image