You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Banyumas
Desa Banyumas

Kec. Candipuro, Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung

Selamat datang di Website resmi Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan

Sejarah Desa

ARRIF PURNAMA 26 Agustus 2016 Dibaca 69 Kali
Sejarah Desa

 

Sejarah Singkat Desa Banyumas

Menurut cerita penduduk desa ini berasal dari orang-orang yang merantau dari daerah Jawa Tengah Jawa Barat Jawa timur. Yang jelas desa ini sudah mulai di huni kurang lebih antara 1950-1960. Awal dibukanya desa Banyumas adalah hutan belantara oleh seorang bernama Mbah Pardan dan Kawan-kawan yang datang dari pulau Jawa bersama saudara-saudaranya kelampung dan bermukim di sepanjang aliran sungai Way Katibung untuk mencari lahan pertanian/perkebunan baru untuk bercocok tanam adalah di dusun Patok enol yang sekarang menjadi dusun benda jaya . Dari dusun inilah kemudian meluas lahan yang dibuka oleh pemerintah.

Desa Banyumas adalah tanah adat yang berupa hutan dan rawa yang merupakan daerah kekuasaan Dati II Lampung Selatan yang kemudian di bagikan kepada masyarakat untuk membukanya sebagai lahan pertanian desa. Pertama kali desa Banyumas adalah bagian dari kecamatan Katibung kemudian terjadi pemekaran dan menjadi bagian dari wilayah kecamatan Sidomulyo kemudian terjadi pemekaran kecamatan lagi dan Desa Banyumas masuk dalam Kecamatan Candipuro.

Desa Banyumas pada saat itu sebenarnya sangat lebar dengan penduduk lebih dari 1.500 Jiwa dan KK 600 dengan wilayah meliputi sebagian besar rawa-rawa sampai keperkampungan  Sunda Tasik. Akan tetapi sebagian Dusun Tasik telah lepas dari desa Banyumas Ke lampung timur Sehingga mengurangi wilayah desa Banyumas. Sampai saat ini desa Banyumas telah terjadi 4 kali pergantian kepala desa yang definitip dengan perincian :

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image