You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Banyumas
Desa Banyumas

Kec. Candipuro, Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung

Selamat datang di Website resmi Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan

Peta Penggunaan Lahan Desa Banyumas

ARRIF PURNAMA 15 Januari 2023 Dibaca 89 Kali
Peta Penggunaan Lahan Desa Banyumas

Semakin hari Pemanfaatan lahan semakin meningkat. Lahan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, yang mana seperti kita ketahui bahwa lahan digunakan manusia untuk berbagi keperluan serta kebutuhan demi keberlangsungan kehidupannya. Maka dari itu dibutuhkan media yang dapat menampilkan penggunaan/pemanfaatan lahan di Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan.

Media tersebut yaitu peta penggunan lahan, oleh karena itu mahasiswa KKN PPM Institut Teknologi Sumatera Desa Banyumas melakukan pembuatan peta penggunan lahan. Peta ini berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai potensi sumber daya alam (SDA) desa banyumas. Penyajian data dan informasi mengenai penggunan lahan di lapangan sebagai gambaran untuk mengembangkan wilayah yang sudah ada ataupun membuka lahan baru untuk memenuhui kebutuhan manusia kedepannya.

Pemetaan penggunaan lahan diawali dengan melakukan verifikasi batas desa kepada perangkat Desa Banyumas, kemadian menyiapkan citra satelit yang akan digunakan sebagai basemap. Setelah itu, dilakukan digitasi penggunaan lahan yang ada di Desa Banyumas dengan menggunakan Software ArcGIS.

 

PETA PENGGUNAAN LAHAN DESA BANYUMASSS

 

Penggunaan lahan yang terdapat di Desa Banyumas meliputi: Lahan pemukiman, Lahan persawahan, Lahan perkebunan, Lahan perkebunan kelapa sawit, dan Sungai. Dari hasil digitasi tersebut didapatkan data luasan lahan yang ada di Desa Banyumas sebagai berikut:

Desa Banyumas         : 560,810845 ha

Lahan Persawahan    : 364.143 ha

Lahan Pemukiman     : 58.1665 ha

Lahan Perkebunan     : 95.5774 ha

Lahan Kelapa Sawit   : 32.3581 ha

Sungai                        : 10.9688 ha

Kemudian dilakukan Layouting peta dengan software ArcGIS dan lalu diserahkan kepada pihak perangkat Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image