You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Banyumas
Desa Banyumas

Kec. Candipuro, Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung

Selamat datang di Website resmi Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan

INFOIN Desa Banyumas Bersama Anak KKN ITERA 2022

ARRIF PURNAMA 15 Januari 2023 Dibaca 56 Kali
INFOIN Desa Banyumas Bersama Anak KKN ITERA 2022

INFOIN desa adalah singkatan dari infografis kependudukan desa yang berguna untuk mempermudah pembacaan data kependudukan di desa Banyumas. Menurut UU No. Pasal 24 Ayat 1 Butir 9 Tahun 2013 menyatakan bahwa data kependudukan adalah data perseorangan dan/atau data agregat terstruktur yang diperoleh dari hasil pendaftaran penduduk dan penyelenggaraan pendaftaran penduduk. Informasi demografis adalah informasi penting yang dapat dirilis untuk referensi masyarakat dan tujuan informasi. Data penduduk Desa Banyumas yang dipublikasikan relatif sedikit. Desa Banyumas belum memiliki papan pengumuman data kependudukan di kantor kelurahan. sehingga, informasi tersebut tidak diperbarui karena keterbatasan tenaga dan pengetahuan.

 

 

Oleh karena itu, salah satu anggota KKN kelompok 179 yaitu Adelia mencanangkan program infografis kepada perangkat Desa Banyumas guna pengadaan kembali media publikasi data kependudukan ke masyarakat. Infografis merupakan salah satu cara menyampaikan informasi secara visual dengan ilustrasi yang menarik. Bidang kegiatan yang dipilih berkaitan dengan bidang Sains data khususnya visualisasi data dengan fokus kegiatan yaitu memberikan informasi mengenai demografi penduduk desa Banyumas. Infografis dipilih karena dalam proses penyampaian informasi data yang ditampilkan jadi lebih ringkas dan mudah dibaca, serta lebih mudah dimengerti oleh publik. Sasaran yang dicapai yaitu masyarakat dapat mengetahui jumlah penduduk pria dan wanita, agama, usia penduduk produktif, dan mata pencaharian serta keadaan geografis. Harapan dengan adanya infografis desa Bayumas, maka masyarakat atau orang yang berkunjung dapat mengetahui informasi mengenai demografis desa Bayumas. Selain itu diharapkan aparatur desa maupun masyarakat dapat mempergunakan informasi data tersebut dalam menentukan kebijakan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image